SMP IT Amal Insani Jepara

Home » tausiyah » Kekuatan Do’a

Kekuatan Do’a

Selamat Datang Di Blog SMP IT Amal Insani

Sekolah menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Amal Insani Jepara Bapangan RT 02 RW 01 Kec.Jepara Kab. Jepara Email : smpitamalinsani@gmail.com

Recent Comments

Bahasa Angsa «… on Bahasa Angsa

RSS http://www.kompas.com/getrss/sains

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Dalam kitab Fiqhus Sirah karya Syekh Muhammad al-Ghazali, Imam Muslim meriwayatkan bahwa sewaktu Perang Badar, Rasulullah SAW berdoa di dalam kemah. Rasulullah berdoa dengan penuh khusyuk dan merendah diri seraya menengadahkan kedua telapak tangannya ke langit memohon supaya diberi kekuatan untuk mengalahkan musuh.

Di antara doa yang beliau ucapkan adalah: ”Ya Allah, kalau pasukan kaum Muslimin ini sampai binasa, maka Engkau tidak akan disembah lagi oleh manusia di muka bumi ini.” Kemudian beliau memperkeras suaranya, ”Ya Allah, tunaikanlah janji yang telah Engkau berikan kepadaku, ya Allah pertolongan-Mu ya Allah!”

Beliau mengangkat kedua belah tangannya sedemikian tinggi hingga burdahnya jatuh dari pundaknya tanpa disadarinya, sehingga Abu Bakar menyampirkan kembali burdah itu di atas pundak beliau seraya berkata dengan perasaan haru, ”Ya Rasulallah, kurangilah kesedihan Anda dalam berdoa kepada Allah! Allah pasti akan memenuhi janji yang telah diberikan kepada Anda!”

Di tengah begitu banyaknya musibah dan bencana yang menerpa dan mendera bangsa Indonesia saat ini, baik itu berupa krisis ekonomi, politik, hukum, dan moral, serta bencana alam berupa banjir, kebakaran hutan, kemarau panjang, pertumpahan darah di banyak wilayah negeri ini, serta musibah-musibah lainnya, kisah di atas selayaknya dapat memberikan pelajaran kepada kita.

Doa itu senjata dan kekuatan orang beriman (HR Al-Hakim dari Ali bin Abi Thalib). Ibnu Qayyim mengatakan, ”Jika perisai doamu lebih kuat dari musibah maka ini akan menolaknya, tetapi jika musibah lebih kuat dari perisai doamu, maka ia akan menimpamu, namun doa itu sedikitnya tetap akan mengurangi efeknya. Dan jika perisai doamu seimbang dengan kekuatan musibah, maka keduanya akan bertarung.”

Tak ada gunanya waspada menghadapi takdir, namun doa bermanfaat menghadapi takdir sebelum dan sesudah ia turun dan sesungguhnya ketika musibah itu ditakdirkan turun dari langit maka ia akan segera disambut oleh doa di bumi lalu keduanya bertarung sampai hari kiamat (HR Ahmad, al-Hakim dan Thabarani).

Begitulah kekuatan doa, ketika segala daya dan upaya telah kita lakukan untuk mengatasi berbagai macam persoalan kehidupan, maka sudah selayaknya kita tetap berdoa kepada Allah SWT. Ketika seorang sahabat Rasulullah selalu langsung meninggalkan masjid setelah selesai shalat tanpa berdoa, Nabi pun menegurnya dengan pertanyaan, ”Apakah kamu sama sekali tidak mempunyai kebutuhan kepada Allah?” Sahabat itu pun terperanjat dan mulai memahami arti doa, maka setelah itu ia pun rajin berdoa kepada Allah. ”Bahkan,” katanya di kemudian hari, ”garam pun kuminta kepada Allah SWT.”

Nah, marilah kita berdoa, sebagaimana yang diperintahkan di dalam firman-Nya, ”Dan Tuhanmu berkata, ‘berdoalah kepada-Ku niscaya akan Kupenuhi permintaanmu’.” (QS Al Ghafir ayat 60)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2013
M T W T F S S
    May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

RSS Berita – Eramuslim

  • Perluas Perang, Trump Berikan Pentagon Wewenang Baru Konflik Di Arab
    Eramuslim – Presiden AS Donald Trump dilaporkan telah menghapus sistem pembatasan era Obama di Irak dan Suriah, serta memberikan kewenangan tambahan bagi Departemen Pertahanan “Pentagon” untuk meningkatkan jumlah pasukan militer di kedua negara tersebut. Kebijakan ini diambil Trump untuk memberikan pemimpin militer kesempatan mengambil keputusan lebih cepat […]
  • Badan Intelijen Perancis: Syiah Assad Perintahkan Serangan Kimia Khan Sheikhoun
    Eramuslim – Badan Intelijen Perancis menyatakan Presiden Suriah Syiah Bashar al-Assad adalah sosok yang paling bertanggung jawab atas serangan senjata kimia di kota Khan Sheikhoun provinsi Idlib pada 4 April kemarin. “Serangan menggunakan gas sarin di kawasan utara Suriah pada 4 April lalu berdasarkan atas perintah Syiah Assad atau lingkaran dalamnya,” tulis […]
  • Mesir ke 161, Indonesia Ke 124 Peringkat Kebebasan Pers Di Dunia
    Eramuslim – Lembaga pemerhati kebebasan pers internasional “Reporters Without Borders” baru saja merilis daftar index kebebasan media di seluruh dunia. Dan negara kita Indonesia berada di urutan di atas angka 100. Dalam daftar tahun 2017 yang baru saja dirilis RWB pada pekan ini memperlihatkan bagaimana Indonesia berada di peringkat 124 negara dunia dalam ke […]

RSS http://www.dakwatuna.com/category/tsaqafah-islamiyah/feed/

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS http://muslim.or.id/feed

  • Anjuran Memperbanyak Puasa di Bulan Sya’ban April 27, 2017
    “Belum pernah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa satu bulan yang lebih banyak dari pada puasa bulan Sya’ban. Terkadang hampir beliau berpuasa Sya’ban sebulan penuh” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
    dr. Raehanul Bahraen
  • Hanya Allah yang Berhak Disembah (01) April 26, 2017
    Sebagian kaum muslimin meyakini bahwa Rasulullah dapat menolong terkait masalah-masalah yang mereka hadapi. Atau meyakini bahwa Rasulullah dapat mengabulkan doa, keinginan atau permohonan mereka. Atau keyakinan bahwa Rasulullah dapat memenuhi dan mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka.
    Muhammad Saifudin Hakim
  • Talak dalam Keadaan Marah April 25, 2017
    Talak adalah perkara yang berat, suami harus benar-benar paham apa konsekuensi dari ucapannya. Tapi, bagaimana jika talak tersebut terucap ketika suami sedang marah dimana saat marah akal cenderung tertutup, berikut penjelasannya.
    dr. Raehanul Bahraen
%d bloggers like this: